Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah

Pendidikan adalah sebuah usaha yang dilakukan individu secara sadar dan terpercaya untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dengan tujuan mendidik peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya. Namun masih banyak sekali permasalahan-permasalahan di dunia pendidikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pembelajaran jarak jauh telah dilaksanakan pada 2 tahun ini sejak adanya Covid-19. Banyak siswa yang kehilangan semangat belajar dan menurunnya motivasi kepada anak.setelah saya amati dan teliti banyak siswa yang membutuhkan keterampilan manajemen dalam pembelajaran jarak jauh.Pembelajaran jarak jauh akan lebih maksimak ketika orang tua dan lingkungan sama-sama mendukungan.

Hamdu mengemukakan bahwa adanya motivasi siswa akan belajar lebih keras,ulet,tekun dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar. Motivasi dalam pebelajaran merupakan salah satu hal yang  perlu dibangkitkan dalam upaya pembelajaran.  Selain itu motivasi belajar siswa juga berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran. Proses pembelajaran akan mencapai keberhasilan apabila siswa memiliki motivasi belajar yang baik. 

Oleh karena itu motivasi belajar sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Sistem pembelajaran daring dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, jika dalam pembelajaran luring guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk menjaga motivasi belajar siswa agar pembelajaran dapat tercapai. 

Berdasarkan hasil Observasi dan jurnal tentang motivasi belajar selama pandemi. Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan terlalu banyaknya materi yang di berikan guru kepada siswa,maka tidak bisa di pahami anak secara menyeluruh. Siswa beranggapan bahwa membaca materi saja tidak cukup,mereka membutuhkan penjelasan secara langsung dan menyeluruh mengenai beberapa materi yang diberikan. Akan tetapi sejak adanya pandemi covid-19 motivasi pembelajaran daring siswa mulai menurun karna di pengaruhi oleh beerapa faktor yaitu guru tidak dapat memantau aktivitas siswa pada proses pembelajaran.

Media pembelajaran akan dapat merangsang minat dan motivasi belajar anak. Media yang sering di gunakan  guru yaitu melalui video pembelajaran dari youtube maupun video yang di buat guru. Dengan melalui aplikasi WA,Zoom dan Gogel  Classrom. Akan tetapi banyak kendala yang telah dihadapi siswa saat belajar dari rumah yaitu kurangnya akses internet  dan perangkat elektronik, karena tidak semua anak mempunyai akses atau fasilita tersebut. Faslitas pembelajran seperti hp, leptop dan kuota data internet menjadi sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran. Ketidak stabilan jaringan inernet dapat mengakibatkan keterlambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran berlangsung, maka dari itu dapat mengganggu proses pembelajaran dan menurunnya motivasi siswa. 

Dalam pembelajaran jarak jauh guru sangatlah berperan penting untuk memantau aktivias yang dilakukan siswa. Guru dapat memberi perhatian dan pengaruh pada siswa. Tidak hanya guru peran orang tua juga sangat penting dalam proses pembelajaran daring. Perlu adanya pemantauan dimana waktu belajar dan waktu bermain harus di atur sedemikian rupa agar anak mendapatkan pembelajaran serta hiburan. Hal ini akan berdampak pada kebiasaan diri anak untuk mengontrol waktu pada saat bermain.

Motivasi akan berkembang jika adanya pengawasan dan dukungan orang tua dan orang terdekat secara penuh. Anak juga akan cenderung lebih bersemangat ketika mengikuti pembelajaran berlangsung karena siswa merasa di beri perhatian lebih dari orag tua maupun orang terdekatnya. Tak hanya itu guru juga harus membentuk lingkungan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak merasa jenuh ketika pembelajaran online berlangsun entah itu mengganti model pembelajaran dll. Dengan adanya lingkungan belajar yang mendukungan siswa juga akan nyaman dan semakin termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Lita Izzatunnisa, 2021.Bimbingan belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah,jurnal pendidikan,Vol.9, No.2.


 

Posting Komentar untuk "Motivasi Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah"