Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pandemi Belum Usai, Jagalah Imunitas Tubuh


Di tengah keadaan yang seperti ini, selain mematuhi protokol kesehatan, hal yang harus kita lakukan sebagai salah satu usaha untuk mencegah dari tertularnya COVID-19 adalah dengan menjaga sistem imun tubuh kita. Menjaga sistem imun menjadi hal yang sangat penting sebab imunitas tubuh sangat vital keberadaannya karena merupakan garda terdepan dari kesehatan tubuh kita.

Sistem imun merupakan sejumlah sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh kita. 

Saat mikroorganisme dan zat-zat asing yang di disebut sebagai antigen alias bibit penyakit terdeteksi menyerang tubuh, serangkaian respon imun akan terjadi untuk melindungi tubuh dari terinfeksi.

Pada proses tersebut, beberapa macam sel akan bekerja sama untuk mengenali antigen dan memberikan respon. Sel-sel inilah yang kemudian merangsang limfosit B untuk menghasilkan antibodi. Antibodi merupakan sebuah protein yang didesain khusus untuk menempel pada antigen tertentu. Setelah itu, sel T mencari antigen yang telah ditumpangi dan menghancurkannya. Sel T juga dapat membantu memberi sinyal pada sel-sel lain (seperti fagosit) untuk melakukan tugasnya.

Begitu dihasilkan, antibodi akan berada dalam tubuh seseorang selama beberapa waktu, sehingga apabila antigen atau bibit penyakit kembali, antibodi sudah tersedia untuk melakukan misinya.

Antibodi juga dapat menetralkan racun yang dihasilkan oleh organisme dan mengaktifkan sekelompok protein yang disebut komplemen. Komplemen adalah bagian dari sistem imun yang membantu membunuh bakteri, virus atau sel-sel yang terinfeksi. 

Bersama semua sel-sel khusus dan bagian sistem imun menghasilkan perlindungan bagi tubuh terhadap penyakit. Proteksi inilah yang disebut imunitas. Oleh karena itu menjaga imunitas tubuh merupakan hal yang sangat penting. Menjaga dan meningkatkan imunitas bisa kita lakukan dengan berbagai cara, yaitu:

Tidur yang Cukup

Kita semua tentu menginginkan agar dapat memiliki kekebalan tubuh yang kuat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Agar tidak mudah terinfeksi COVID-19 maka kita harus mampu menjaga dan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh kita.

Untuk menjaga kekebalan tubuh, cara pertama yang mudah untuk dilakukan adalah dengan tidur yang cukup. Sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, seseorang yang tidurnya kurang akan menyebabkan tubuh mudah terserang oleh penyakit, khususnya flu/pilek. Terkait waktu untuk tidur, orang  dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. 

Perlu kita ketahui, dalam sehari apabila kita tidak memilki kapasitas tidur yang cukup, tubuh kita tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin sendiri merupakan sejenis protein yang berguna untuk melawan infeksi dan peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respon sistem imun tubuh.

Rutin Berolahraga

Mengutip dari sumber Healthline, penelitian menunjukan bahwa hanya dengan melakukan satu sesi olahraga ringan saja, sama halnya kita sudah bisa meningkatkan efektivitas vaksin bagi tubuh khusunya bagi kita yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Salah seorang ahli di National Institute of Health juga berpendapat, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Oleh karen itu,  kegiatan olah raga sangat cocok apabila dilakukan pada masa pandemi agar dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Meningkatkan imunitas tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makan yang sehat dan bergizi seimbang. Makanan yang bergizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, dalam menjalani hidup sehari-hari kita perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, dan menjaga perilaku hidup bersih.

Kita juga tidak boleh lupa, selain makanan bergizi seimbang sebaiknya kita juga mengonsumsi beberapa vitamin yang mampu membuat imunitas tubuh semakin meningkat, seperti:

•Vitamin C

•Vitamin B6

•Vitamin E

Kita tidak perlu khawatir, untuk bisa mendapatkan kandung vitamin tersebut bukan merupakan sebuah hal yang sulit, kita bisa mendapatkan kandungan vitamin tersebut hanya dari makanan sehat seperti tuna, salmon, buah-buahan berwarna merah dan oranye, sayuran hijau, kacang almond, biji bunga matahari, dan bayam.

Dan yang perlu kita ingat lagi adalah selain harus bergizi seimbang dan bervitamin, makanan yang kita konsumsi juga harus sehat dan bersih. Menjaga kebersihan makanan sangat perlu untuk kita perhatikan. Menjaga kebersihan makanan yang harus kita perhatikan adalah mulai dari cara bagaimana membersihkan bahan, bagaimana proses pembuatan makan tersebut, dan kebersihan perlengkapan atau alat yang akan digunakan saat makan dan minum. Hal itu perlu dilakukan dengan tujuan agar virus tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Konsumsi Air Putih yang Banyak

Mengkonsumsi air putih yang cukup bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di masa pandemi seperti sekarang ini kebutuhan air yang cukup yaitu setidaknya kita mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih setiap hari dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak membuat metabolisme tubuh kita menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus. 

Kelola Stress dengan Baik

Cara untuk meningkatkan imunitas tubuh yang paling penting akan tetap sering kita abaikan adalah mengelola stress dengan baik. 

Apabila kita tidak bisa mengelola stress, maka stress dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah yang besar. Jika hormon kortisol tinggi, akibatnya ialah menyebabkan sistem imun menjadi lemah 

Oleh karena itu, mari kita mengelola stress dengan baik. Cara yang bisa kita lakukan untuk mengelola stress misalnya ialah dengan melakukan berbagai aktivitas, seperti olahraga ringan, beraktivitas dengan hobi, aktif bersosialisasi bersama teman walaupun melalui telepon gengam,  bermeditasi ataupun melakukan mindfulness agar sistem imun kembali kuat.

Sering Berjemur

Di masa pandemi COVID-19 ini, vitamin D sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, berjemur sangat penting untuk dilakukan sebab sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D.  Vitamin D juga dapat menyehatkan tulang. Selanjutnya, dalam kaitannya dengan kesehatan mental, sinar matahari memiliki manfaat mengurangi kecemasan, stress, bahkan hingga depresi.

Intensitas waktu yang diperlukan untuk berjemur cukup 10-15 menit saja setiap kali kita melakukan kegiatan tersebut. Akan tetapi, berjemur harus harus dilakukan rutin kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu. Adapun waktu terbaik untuk berjemur untuk meningkatkan imun tubuh ialah antara pukul 08.00-09.00 WIB.


Penulis: Sulastri (Anggota Kelompok Merakyat KKN MDR IPMAFA Pati Tahun 2021)


Posting Komentar untuk "Pandemi Belum Usai, Jagalah Imunitas Tubuh"